Jumat, 19 September 2008

PDA, Pocket PC & Smart Phone



Personal Digital Assistants (PDA) adalah sebuah alat elektronik berbasis komputer dengan bentuk yang kecil dan dapat kita bawa kemana-mana.

PDA juga menggunakan beragam sistem operasi, seperti Palm, Psion, EPOC (Symbian), Windows CE, dan sistem operasi yang dibuat khusus (sistem operasi proprietary)

Awalnya PDA digunakan sebagai pengorganisir data-data pribadi, namu seiring perkembanganya sekarang ini PDA memiliki banyak fungsi, diantaranya :

- dapat menyimpan banyak alamat & nomor telepon layaknya handphone - untuk mengatur & menyimpan schedule agar terorganisir.
- dapat melakukan pengecekan e-mail, peng-aksesan internet secara mobile.
- dapat memuat aplikasi-aplikasi komputer maupun handphone, seperti kalkulator, games, GPS, dsb.
Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, jaringan wireless, juga kamera digital. Ciri khas pada PDA adalah layar sentuh.


Smart Phone adalah sebuah alat komunikasi yang dilengkapi berbagai aplikasi simple yang dapat berfungsi seperti komputer dan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang update.

smart phone juga dilengkapi dengan peng-aksesan internet.

aplikasi lain sperti MP3, WMA, AAC, video, kamera, bluetooth, dsb juga terdapat pada smart phone.

Smart phone juga menggunakan sistem operasi namun terbatas.

Bentuk smart phone lebih kecil dari PDA ataupun Pocket PC.




Pocket PC adalah sebuah smart phone PDA yang berjalan menggunakan sistem operasi Windows CE (CE sendiri tidak memiliki arti resmi, sering juga disebut sebagai Compact Edition atau Consumer Electronics) buatan Microsoft, bisa juga menggunakan sistem operasi lain seperti NetBSD ataupun Linux. Menurut penciptanya, Pocket PC adalah “sebuah alat yang kecil dapat dapat digenggam yang mampu menyimpan, menerima email, contacts, appointments, tasks, memainkan file-file multimedia, games, menggunakan Windows Live Messenger (MSN Messenger), surfing di Internet, dan masih banyak lagi selayaknya PC desktop".

Tidak ada komentar: