Senin, 24 November 2008

Pengetahuan Singkat Open Source..

Perkembangan teknologi komputer sekarang ini cukup pesat, terutama di bidang informasi dan aplikasi komputer.
Perangkat lunak bebas diluncurkan pada tahun 1983, kemudian pada tahun 1998 istilah tersebut diganti dengan perangkat lunak open source (OSS). Open Source sendiri adalah software-software yang bisa di dapatkan dengan mudah (kasarnya software gratis).
Open Source didistribusikan melalui internet dan untuk mendapatkannya, kita hanya tinggal men-downloadnya.
OSS kemudian dikembangkan dengan mempublikasikannya sebagai perangkat lunak lisesi, sehingga setiap orang dapat mengembangkannya juga mengetahui/memahami cara kerjanya.
Open Source juga dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak yang memiliki hak cipta lisensi (domain publik) yang dapat dugunakan, diubah, atau ditingkatkan pemakaiannya oleh user.
Contoh beberapa perangkat lunak open source yang banyak dipakai :
^Linux
Linux yang diciptakan oleh Linus Torvalds ini tidak memiliki lisensi dan hanya perlu mendownloadnya lewat internet. Linux sampai sekarang masih dikembangkan oleh para pemakainya.
^Mozila Firefox
Alikasi yang digunakan untuk akses internet yang sekarang ini sedang naik daun, dapat didapatkan secara bebas. Mozila termasuk aplikasi internet cukup baik

Ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang dimiliki OpenSource.
Keuntungannya bagi perusahaan dapat menawarkan perangkat lunak open source agar dapat mendirikan suatu standar industri dan mendapatkan keuntungan yang kompetitif, selai itu juga dapat membantu perusahaan dapat sejajar dengan semua teknologi. perangkat lunak open source juga dapat dirancang/dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut agar tampil lebih inovatif & fleksibel.
cotohnya ;
*Support/seller, pendapatan diperoleh dari penjualan media distribusi, branding, pelatihan, jasa konsultasi, pengembangan custom, dan dukungan setelah penjualan.
*Loss leader, suatu produk Open Source gratis digunakan untuk menggantikan perangkat lunak komersial.
Namun, semua itu bukanlah mudah karena ternyata beberapa perangkat lunak yang akan dkembangkan terjadi trouble yang membuat perangkat lunak tersebut cacat atau bahkan gagal digunakan. inilah yang menjadi salah satu kekurangannya.
Dalam hal keamanan, open source memungkinkan hacker untuk mengetahui kelemahan atau loopholes perangkat lunak yang lebih mudah daripada ditutup-sumber perangkat lunak. Hal ini bergantung dari mekanisme kontrol dalam rangka untuk membuat efektif kinerja otonom agen yang berpartisipasi dalam organisasi virtual.
Maka dari itu, dalam pengembangan open source, pengguna diharapkan dapat membantu untuk bekerjasama dalam pengembangan kode.

Konsep Perangkat Lunak Kode Terbuka (Open Source Software) pada intinya adalah membuka kode sumber (source code) dari sebuah perangkat lunak. Konsep ini terasa aneh pada awalnya dikarenakan kode sumber merupakan kunci dari sebuah perangkat lunak. Dengan diketahui logika yang ada di kode sumber, maka orang lain semestinya dapat membuat perangkat lunak yang sama fungsinya. Open source hanya sebatas itu. Artinya, tidak harus gratis. Kita bisa saja membuat perangkat lunak yang kita buka kode-sumber-nya, mempatenkan algoritmanya, medaftarkan hak cipta, dan tetap menjual perangkat lunak tersebut secara komersial (alias tidak gratis)

OpenSource-Indonesia.com adalah suata lembaga/wadah yang digunakan untuk mengumpulkan seluruh informasi segala proyek-proyek Anak Bangsa yang baik secara bebas, Semi-OpenSource terutama yang benar-benar Full OpenSource.







masih banyak lagii pengetahuan tentang open sourc yang dapat kita pahami di internet atau buku-buku lain.

sumber *www.wikipedia.com

Tidak ada komentar: